Informasi Pengiriman Tulisan

Untuk teman-teman yang ingin mengirimkan tulisan berupa artikel atau review film/buku/website untuk dimuat di blog ini dapat langsung mengirimkannya ke alamat email bandungcircle@yahoo.com

Friday, March 2, 2007

Tentang Komunitas "Bandung Circle"

Sejarah Pembentukan

Ide Bandung Circle pertama kali muncul dalam Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (FKMHII) Wilayah III pada Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PNMHII) XVIII yang diselenggarakan oleh Universitas Padjadjaran di Pusat Kesenjataan Infanteri Bandung, November 2006 lalu. Saat itu semua institusi menyadari pentingnya untuk membuat suatu pertemuan wilayah yang sifatnya rutin dan ditujukan untuk menjaga komunikasi di dalam wilayah, dan juga kegiatan-kegiatan bersama yang berlandaskan keilmuan, yang selama ini dirasa masih sangat kurang. Dalam Rakorwil tersebut, Universitas Katolik Parahyangan secara aklamasi ditetapkan sebagai tuan rumah pertama diskusi bulanan dari Bandung Circle Forum yang kemudian diselenggarakan pada 10 Februari 2007.

Keanggotaan

Saat ini Bandung Circle beranggotakan 6 (enam) institusi. Lima diantaranya merupakan anggota dari FKMHII Wilayah III yaitu Universitas Al-Ghiffari, Universitas Jenderal Achmad Yani, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Komputer Indonesia dan Universitas Padjadjaran, serta Universitas Pasundan yang sedang diusahakan untuk bergabung kembali ke FKMHII.

Visi dan Misi

Tujuan Bandung Circle dilandasi oleh tujuan awal terbentuknya FKMHII yang tertuang dalam Deklarasi Jatinangor, yaitu “to share, to inform, and to compare the knowledge of International Relations among it members”. Ini memiliki arti bahwa Bandung Circle adalah sebuah wadah keilmuan yang ditujukan untuk membantu anggotannya dalam rangka mengembangkan Hubungan Internasional baik sebagai studi maupun fenomena, dan juga sebagai ajang silaturahmi (komunikasi) rutin diantara anggotanya. Selain itu, Bandung Circle Forum juga ditujukan sebagai wujud persatuan dan persaudaraan dari mahasiswa-mahasiswa Hubungan Internasional se-Bandung Raya, dan juga miniatur dari FKMHII yang dicita-citakan bersama.

Bentuk Kegiatan

Fokus utama kegiatan Bandung Circle mencakup ruang lingkup komunikasi dan keilmuan. Kegiatan rutin utamanya adalah seminar atau diskusi bulanan. Tuan rumah diskusi bulanan ini akan bergiliran tiap bulannya, dan bergantung pada kesiapan dari masing-masing institusi anggota, intinya bersifat sukarela. Tema diskusi dan sistematika acara ditetapkan oleh tuan rumah yang tentunya akan berbeda tiap bulannya. Bandung Circle juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk sharing mengenai masalah tugas kuliah dan juga keorganisasian.

Selain itu, Bandung Circle juga akan membuat sebuah jurnal ilmiah mahasiswa yang isinya merupakan kiriman karya tulis terpilih dari masing-masing institusi anggota. Jurnal ilmiah mahasiswa inipun dibuat oleh redaksi atau tim khusus yang telah ditunjuk.

Kemudian Bandung Circle juga telah merilis blog, dan rencananya akan segera membuat milis dan juga friendster group untuk menginformasikan semua kegiatannya, memudahkan komunikasi antar anggota. Di blog tersebut para anggota dapat mengirimkan karya tulis ilmiah, review buku, film dan lain sebagainya. Untuk kedepannya akan diusahakan pembuatan web site Bandung Circle.

Kegiatan Bandung Circle tidak hanya sekedar berkutat mengenai keilmuan saja. Untuk mengatasi kejenuhan, acara silaturahmi santai juga sering dilakukan guna mempererat persatuan dan persaudaraan antar anggota, seperti makan bareng, jalan-jalan, nongkrong bareng, dan juga kegiatan olahraga seperti sepakbola dan futsal.

Dalam setiap kegiatan rutin Bandung Circle pastinya juga disempatkan waktu khusus untuk mengadakan Rapat Koordinasi FKMHII Wilayah III yang dipimpin langsung oleh Presidium Nasional guna membahas isu-isu terkini seputar FKMHII.

Rencana kedepan, Bandung Circle juga akan melakukan kegiatan besar, yaitu National Diplomatic Conference, yang terinspirasi dari Harvard UN Model dan juga pelaksanaan Indonesian Channel 2007 yang ingin mengulangi kesuksesan acara tahun lalu.

2 comments:

Anonymous said...

kepada teman-teman bandung, mungkin blognya akan lebih menarik apabila dilengkapi dengan foto-foto PNMHII/PSNHII mulai dari tahun 1989 yang pernah diadakan di bandung

Rezi UAI

pamungkas said...

Yup, Bandung Circle, acara akademik yang keren..
Komunitas Bandung Circle juga bisa menghapus image anak2 FKMHII yang cuma bisa membahas+amandemen draft, tapi anak2 FKMHII juga punya kebiasaan diskusi dengan hadirnya "BC". O ya foto2nya mana??